cover
Contact Name
YOHANES BARE
Contact Email
bareyohanes@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
SPIZAETUS.BIO@GMAIL.COM
Editorial Address
JL. KESEHATAN, NO 03, KELURAHAN BERU, KECAMATAN ALOK TIMUR, KABUPATEN SIKKA, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR 86111
Location
Kab. sikka,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Published by Universitas Nusa Nipa
ISSN : 2716151X     EISSN : 2722869X     DOI : -
Jurnal ini fokus pada bidang kajian biologi sains dan pendidikan biologi. Kami menerima artikel berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang original dan belum pernah dipublikasi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi" : 10 Documents clear
Tingkat Korelasi serta Persentase Permasalahan Motivasi, Minat dan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 6 Padang Lidya Yohana; Lufri Lufri
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v3i3.77

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran biologi tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan siswa dalam belajar. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi mengenai hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase permasalahan motivasi, minat dan konsentrasi belajar serta tingkat korelasi antara motivasi dengan minat belajar, motivasi dengan konsentrasi belajar, dan minat dengan konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi di SMAN 6 Padang. Penelitian deskriptif ini merupakan penelitian pada populasi yaitu siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 158 orang sekaligus sebagai subjek penelitian yang menghasilkan data primer dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan persentase permasalahan pada aspek motivasi belajar 27%; aspek minat belajar 22%; dan aspek konsentrasi belajar 22%. Hasil koefisien korelasi antara motivasi dengan minat belajar 0.762; motivasi dengan konsentrasi belajar 0.816; dan minat dengan konsentrasi belajar 0.731. Dapat disimpulkan pada aspek motivasi, minat dan konsentrasi belajar siswa terdapat permasalahan tingkat rendah serta antara motivasi dengan minat belajar, motivasi dengan konsentrasi belajar, dan minat dengan konsentrasi belajar tingkat korelasinya kuat hingga sangat kuat. Diharapkan hasil penelitian dapat membantu guru untuk mengidentifikasi permasalahan siswa dalam belajar dan sebagai penelitian yang relevan.
Interaksi Molekuler Senyawa D-Manitol (Kulit Kopi) terhadap PLPro Yohanes Bare; Frederiksen Novenrius Sini Timba; Maria Marcelina Dua Nurak; Dewi Ratih Tirto Sari; Marsiana Coo Mogi
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v3i3.79

Abstract

Perkembangan virus dalam proses replikasi menjadi target dalam menghambat siklus hidup virus. Protein yang memiliki peran dalam replikasi adalah PLPro. Terapi PLPro dilakukan dengan memanfaatkan limbah kopi yang diprediski memilki bioaktif D-manitol dengan sifat farmakologis. Tujuan penelitian ini adalah mengalisis potensi senyawa D-manitol yang terkandung dalam kulit kopisebagai kandidat terapi corona melalui penghambatan PLPro. Metode penelitian Ligan D-manitol (CID: 88038555) sedangkan Protein Papain like protease (PLPro) (PDB ID 6w9c), sebagai target protein anti-coronavirus diunduh struktur tiga dimensinya di Protein Data Bank. Selanjutnya struktur protein dipreparasi protein atau ligan, docking, visualisasi mengikuiti penelitian. Hasil docking senyawa dan protein menggunakan program PyMol versi 2.2. analisis docking dilakukan dengan mengeksplorasi interaksi kompleks baik 3D dan 2d, jenis ikatan, jumlah interaksi. Analisis menggunakkan program Discovery Studio ver 21.1.1.). Senyawa D-manitol memiliki potensi sebagai salah satu terapi covid-19 melalui penghambatan PLPro sehingga menyebabkan terhambatnya replikasi virus corona. Potensi ini didukung dengan adanya energi ikatan yang terbentuk sehingga meningkatkan stabilitas ikatan sebesar -156 Kj/mol. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk konfirmasi terhadap aktivitas D-manitol sebagai terapi virus.
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnosains pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik: Literatur Review Yuni Fatma Andini; Rahmadhani Fitri; Yosi Laila Rahmi
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v3i3.70

Abstract

Pada era 4.0 ini mengharuskan sumber daya manusia untuk berkompeten agar mampu bersaing. Pada saat sekarang ini peserta didik banyak yang tidak mampu untuk menerapkan hasil pembelajaran biologi dalam kehidupan sehari-hari, hal itu dapat dipicu oleh pemilihan sumber belajar yang kurang memadai, sehingga mengakibatkan rendahnya literasi sains peserta didik. Hal tersebut mengharuskan kekreativitasan seorang guru dalam proses pembelajaran agar kualitas belajar peserta didik dapat meningkat. Cara yang dapat dilakukan salah satunya yaitu mengaitkan materi pembelajaran dengan budaya lokal yang nantinya dapat menambah pengetahuan sains peserta didik serta dapat meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modul pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran etnosains pada materi biologi. Metode yang dilkukan pada penelitian ini adalah Literatur Review. Berdasarkan literatur review yang telah dilakulan dapat disimpulkan bahwa pemilihan sumber pembelajaran yang tepat serta berbasis etnosains dapat meningkatlan kemampuan literasi sains peserta didik.
Skrining Senyawa Metabolit Sekunder pada Ekstrak Aseton Biji Gayam (Inocarpus fagifer) Yuyun Widayati; Umarudin Umarudin
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v3i3.78

Abstract

Gayam merupakan tumbuhan berkhasiat obat, salah satu bagian yang bisa dimanfaatkan adalah bijinya. Biji gayam memiliki manfaat bagi kesehatan salah satunya sebagai obat pencahar dan diabetes. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil identifikasi golongan senyawa metabolit sekunder dari ekstrak biji gayam (Inocarpus fagifer) dengan pelarut aseton. Metode penelitian ini yaitu biji gayam dilakukan determinasi, biji gayam dilakukan proses sortasi basah, pencucian, perajangan, pengeringan, sortasi kering, dan penghalusan. Serbuk kering biji gayam dilakukan ekstraksi metode maserasi selama 3x24 jam. Hasil ekstraksi dilakukan perhitungan nilai rendemen dan skrining fitokimia untuk mengetahui golongan senyawa metabolit sekunder golongan alkaloid, flavonoid, terpenoid, steroid, tanin, dan saponin pada ekstrak biji gayam ditandai positif adanya perubahan warna, endapan, cincin, atau busa. Hasil determinasi tanaman biji gayam memiliki nama ilmiah Inocarpus fagifer. Ekstrak biji gayam diperoleh nilai rendemen sebesar 22%. Hasil skrinning fitokimia senyawa metabolit sekunder positif mengandung senyawa golongan alkaloid, terpenoid, tanin, saponin, dan negatif senyawa golongan flavonoid dan steroid. Temuan ini dapat mendukung klaim secara tradisional/etnomedisinal yang sebelumnya biji gayam dimanfaatkan untuk antidiabetes.
Pengembangan Media Pembelajaran E- Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Biologi Nova Ramadhani; Rahmadhani Fitri
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v3i3.71

Abstract

Guru berperan sangat penting dalam proses pembelajaran salah satu denganmemilih media pembelajaran yang tepat. Pada masa sekarang ini guru masih banyakmengalami kesulitan dalam menjelaskan materi pembelajaran yang disebabkan olehmateri yang terlalu banyak dengan waktu yang singkat. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui Pengembangan Media Pembelajran E-Learning Berbasis Edmodo PadaMata Pelajaran Biologi. Ini Penelitian dilakukan dengan mereview beberapa jurnalberskala nasional di Indonesia. Jurnal yang digunakan sebanyak 2 jurnal yang ISSN.Hasil yang didapat dari review jurnal adalah bahwa media pembelajaran berbasisedmodo layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini dibuktikandengan penelitian yang dilakukan oleh Megawati Apriliyana (2017), Epinur, Yusnidar,dan Lestrai Eka Putri(2013)Teachers play a very important role in the learning process, one of which is bychoosing the right learning media. At this time, teachers still have many difficulties inexplaining learning material caused by too much material in a short time. This studyaims to determine the development of Edmodo-Based E-Learning Learning Media inBiology Subjects. This research was conducted by reviewing several national-scalejournals in Indonesia. The journals used were 2 journals with ISSN. The resultsobtained from the journal review are that the Edmodo-based learning media isfeasible to be used in the teaching and learning process. This is evidenced byresearch conducted by Megawati Apriliyana (2017), Epinur, Yusnidar, and Lestrai EkaPutri (2013)
Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terapan Indra Drajat Sopwan
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v3i3.80

Abstract

Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan pengetahuan yang dimilikinya dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mata pelajaran IPA Terapan Sub Materi Sel melalui pendekatan CTL berbasis lembar kerja siswa (LKS). Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas X yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa berada pada kategori aktif. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 31,59 (cukup aktif) dan pada siklus II meningkat menjadi 39,75 (kategori aktif) peningkatan sebesar 28,90%. Pada bagian hasil belajar siklus I 75,65 dan pada siklus II 87,45 berarti mengalami peningkatan sebesar 29,70%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) berbasis LKS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X SMK.
Meta Analisis Pengaruh Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar IPA Aulia Hafifah
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v3i3.73

Abstract

Abstrak. Guru dan buku teks tidak lagi menjadi sumber belajar satu-satunya yang utama dan tidak ada bandingannya. Bahkan dengan beberapa tombol keyboard, para pelajar dapat menjelajahi berbagai informasi dunia, memperoleh akses dari perpustakaan dan sekumpulan informasi penting lainnya untuk mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan barunya. Proses pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan psikologis peserta didik pada berbagai tingkatan usia. Proses pembelajaran akan lebih efektif dan berhasil jika pendidik mampu untuk menciptakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan jenjang usia peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dengan metode penelitian ini adalah Meta-analisis dari 20 artikel terkait dengan melihat nilai pretest-postest kemudian menggunakan analisa Gain. Perolehan rata-rata untuk pretest adalah 50,11065 dan rata-rata posttes adalah 77,39465. 
Extraction Methods and Bioactivity of Essential Oils from Kesum Leaves (Persicaria odorata): A Short Review Panggulu Ahmad Ramadhani Utoro; Jatmiko Eko Witoyo; Dikianur Alvianto; Nelsy Dian Permatasari
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v3i3.82

Abstract

Persicaria odorata (Synonym of Polygonatum odoratum and Polygonum minus) leaves, locally known as Kesum leaves, is one of Indonesia's biodiversity species, particularly on Kalimantan Island, and it is contained a high concentration of essential oils. The extraction of essential oil from Kesum leaves commonly uses various methods, including solvent extraction, steam distillation, hydro-distillation, supercritical fluid extraction, microwave-assisted extraction, ultrasonic-assisted extraction, and so on, with various extract characteristics produced. Several studies reported that Kesum leaves essential oil has numerous advantages, including anti-bacterial, hepatoprotective, anti-tyrosinase, antioxidant properties, and so on. Future research will require additional and new techniques, particularly non-thermal extraction technology and other bioactivity tests, to improve yield and maintain the essential oil composition of Kesum leaves. 
Meta-Analisis Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Biologi di Jenjang SMA Niken Ari Anggraeni; Nani Sunarmi
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v3i3.74

Abstract

Model pembelajaran discovery learning telah banyak diterapkan dalam proses pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan. Namun, belum diketahui bagaimana efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis terkhususnya mata pelajaran Biologi di jenjang SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana meta-analisis model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis, terhadap materi pelajaran Biologi, dan berdasarkan wilayah di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis yaitu dengan menganalisis kembali hasil penelitian terdahulu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis besaran pengaruh (effect size) dengan rumus Glass. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 hasil publikasi ilmiah berupa jurnal penelitian, skripsi, dan tesis. Berdasarkan hasil analisis rata-rata, hasil perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 0,55 dan termasuk kedalam kategori yang besar. Perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning terhadap materi pelajaran Biologi yaitu sebesar 0,55 dan termasuk kedalam kategori yang besar. Perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning berdasarkan wilayah di Indonesia untuk wilayah pulau Jawa sebesar 0,42 dan termasuk kedalam kategori besar, sedangkan untuk wilayah pulau Sumatera sebesar 0,61 dan termasuk kedalam kategori besar, untuk wilayah pulau Sulawesi nilai effect size sebesar 0,68 dan termasuk kedalam kategori besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning sangat efektif apabila diterapkan pada pembelajaran Biologi di jenjang SMA karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Pembelajaran Berbasis Masalah Diintegrasikan dengan Teknik Pemetaan Pikiran: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Sistem Imun Muhammad Ardiansyah; Khairuna Khairuna; Lailatun Nur Kamalia Siregar
SPIZAETUS: JURNAL BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI Vol 3, No 3 (2022): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Nusa Nipa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55241/spibio.v3i3.84

Abstract

Bersumber pada hasil riset PISA serta observasi awal penelitian, kemampuan pemecahan masalah siswa pada kajian biologi tergolong masih rendah, sehingga tidak relevan dengan tujuan utama pendidikan Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah diintegrasikan dengan teknik pemetaan pikiran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem imun. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, hingga didapatkan XI MIA 1 selaku kelas eksperimen dan XI MIA 2 selaku kelas kontrol. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test control group. Instrumen penelitian berupa tes esai yang disusun berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Purnamasari & Setiawan. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,914, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Ditafsirkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah diintegrasikan dengan teknik pemetaan pikiran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem imun dengan pengaruh sebesar 91,4%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10